Membaca Cerdas dan Cerdaskan Dunia Membaca

2 Desember, 2015 at 12:00 am

RosmilarsihOleh Roosmilarsih SIPust
Pengelola Perpustakaan SD Negeri 01 Wringin Agung, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jateng

Membaca cerdas,cerdaskan dunia membaca, karena membaca adalah jendela dunia masa depan,slogan tersebut memang sangat tepat untuk menggambarkan manfaat membaca,karena dengan membaca akan diperoleh banyak rmanfaat baik membaca berupa berita hiburan,pendidikan,sains,agama juga fiksi dan non fiksi tidak ada yang tidak bermanfaat nantinya,setelah membaca seseorang akan memperoleh banyak masukan,diantaranya dapat berupa :

1. Ide dan gagasan,yang bisa saja muncul setelah membaca karena didalam bacaan banyak diselipkan saran-saran,ide kreatif, dari berbagai bidang ilmu pengetahuan oleh penulisnya yang memang bertujuan untuk menarik minat pembacanya,maupun untuk tujuan peningkatan ilmu pengetahuan yang bersangkutan,para inovator adalah para kutu buku.

2. Inspirasi untuk melakukan sesuatu yang baru,sebagaimana yang telah dibacanya,karena dari bacaan yang ditulis dengan indah seakan menghipnotis pembaca untuk melakukan sebagaimana dalam bacaan,maupun sebagai koreksi atas apa yang mungkin menjadi penemuan atas penemuan sebelumnya, maupun sesudahnya baik bagi pembaca tersebut maupun bagi penulis dari buku yang dibacanya,karena sifat ilmu pengetahuan yang bisa dipatahkan jika ada penemuan baru yang lebih bisa dipertanggungjawabkan dari segi kredibilitas dan keakuratanya dihadapan para ahli,oleh karena itu seorang pembaca akan mampu bersikap kritis terhadap hal – hal yang dibacanya.

3. Motivasi untuk melakukan hal – hal yang mungkin kemarin tidak terfikirkan setelah mengenal tokoh dalam buku yang dibacanya,dengan berbagai macam perjalanan hidup yang belum tentu semuanya indah bahkan kadang sangat pahit,namun mampu tegar,ketegaran dalam tokoh tersebut sering membangkitkan motivasi orang untuk meniru,seperti motivator yang kadang tak mampu dilakukan oleh orang – orang disekitarnya.

4. Semangat yang telah kendor bisa saja akan bangkit kembali setelah membaca kisah perjuangan dalam bacaan yang dibacanya,karena ternyata ia tidak sendiri dalam menanggung kenyataan hidup yang sering tak seperti yang diinginkan,masih banyak orang lain yang ternyata lebih kurang beruntung,maka tak ada kata untuk menyesalinya

5. Menjadikan kenangan sebagai titik tolak untuk bangkit,dengan membaca seseorang akan mampu membangkitkan kembali masa muda yang penuh aktifitas dan semangat,sehingga ia akan tetap bersemangat meski usia lanjut dengan berbagai hal positif yang bermanfaat bagi dir sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

6. Bukan tidak mungkin seseorang yang tidak pandai menulis akan menjadi penulis hebat karena ia gemar membaca karena dengan membaca seseorang akan memiliki perbendaharaan kata yang luar biasa yang sangat bermanfaat bagi penulisan dengan berbagai kategori baik tulisan dewasa,anak-anak,orangtua,dengan berbagai topik,pendidikan,hiburan,SOSBUD dan lain-lain.

7. Seseorang orator ulung tidak mungkin dipisahkan dari kegemaranya membaca,karena untuk dapat berbicara dengan cepat,tepat,memikat seseorang harus pandai merangkai kata,dan ini tidak akan diperoleh jika dia tidak pernah membaca.

8. Seseorang yang berani tampil didepan umum tidak akan mungkin kalau dia tidak suka membaca,karena dari membaca tersebut dia memperoleh keberanian dan keyakinan karena dia mampu menguasai suasana dengan berbagai hal menarik yang diperoleh dari membacanya.

9. Seseorang yang menyukai kegemaran membaca akan mampu mengatasi segala suasana yang terjadi,dia tidak akan kaku dengan satu image yang terjadi,karena ia mampu mendinginkan suasana dengan kata yang halus,sopan dan menghindari kata –kata yang dapat menyinggung siapapun yang terlibat dalam pembicaraanya,karena ia akan mampu mengalihkan situasi yang beku dengan kata yang menyejukan,dengan 1001 kata yang baik dan lembut.

10. Manfaat membaca juga sangat diperlukan ketika kita bersahabat,karena ada kalanya dalam candaan sebuah persahabatan,ada celoteh,ada kata-kata baru yang kadang kita gak tahu maksudnya,nah dengan membaca kita tidak akan pernah ketinggalan informasi tentang berbagai istilah yang biasanya sering dibuat-buat diluar logika,maka dalam hal ini dengan membaca kita berati mengupdate perbendaharaan kita.

Taman BacaManfaat tersebut tentu tidak dapat kita saksikan sekaligus sesaat setelah membaca,tentu bertahap dan membutuhkan cukup waktu karena disamping kegemaran membaca tersebut juga harus diimbangi oleh kemampuan fisik dan spikologis dari yang bersangkutan.

Cara yang terbaik adalah dengan menumbuhkan minat membaca sejak dini,baik di perpustakaan,TBM,di rumah, bahkan sebaiknya dalam kurikulum 13 harus diberikan mata pelajaran wajib baca terutama untuk sekolah tingkat dasar karena di tingkat ini apalagi untuk sekolah di pelosok,nampaknya belum cukup tinggi kesadaran membacanya,dalam kegiatan membaca tersebut tidak semata dengan buku yang tebal dan membosankan,anak juga perlu diberi pengalaman baru misalnya dengan mendengarkan cerita sehingga manfaat membaca tidak harus melalui indra penglihatan tetapi juga melalui indra pendengaran,apalagi jika dilakukan dengan alat peraga tentu akan lebih baik jika dibandingkan ketika anak hanya disuruh membaca / mendengarkan saja.

Untuk sebuah masa depan yang cemerlang,tidak ada waktu yang instan,diperlukan waktu yang bertahun-tahun dan pengorbanan dari semua pihak baik di sekolah,di rumah maupun lingkungan sekitar.
Mari mempersiapkan masa depan anak-anak kita lebih baik dengan menyediakan gambaran dan tangga tuk meraih masa depan masa depan melalui membaca cerdas,cerdaskan dunia membaca,sejak dini karena belajar diwaktu kecil bagai mengukir di atas batu, betapa sulitnya mendidik putra-putri kita sejak kecil untuk meraih kesuksesan di masa depan diumpamakan bagai mengukir diatas batu,pelan-pelan,sulit,penuh suka duka membutuhkan waktu yang lama namun hasilnya akan indah dan nyata sebagaimana mengukir diatas batu,sedangkan belajar sesudah dewasa adalah sebuah keterlambatan yang tidak dapat kita kembali lagi untuk menyesalinya agar bisa kembali ke masa sebelumnya untuk belajar,kalaupun setelah dewasa baru belajar bagai mengukir diatas air,hanya sia-sia tidak akan membuahkan hasil,untaian kata-kata indah tersebut mengingatkan kepada kita betapa pentingnya menanamkan kebiasaan belajar/membaca sejak kecil.

Mari sediakan sarana membaca agar dapat terwujud membaca cerdas,cerdaskan dunia membaca,mereka dapat belajar ditempat yang santai tanpa mereka terbebani dengan satu kata yang menjadi momok di pikiran mereka yaitu “belajar”,dengan sebanyak mungkin menyediakan sarana baca misalnya sebuah Taman Baca, karena anak-anak kita menghabiskan waktu untuk bermain, setelah pulang sekolah, karena memang dunia mereka adalah dunia anak- anak yang memang waktunya bermain, jadi sebisa mungkin mereka bermain ditempat dimana tersedia sebuah tempat bermain,tanpa mereka sadari mereka telah belajar. Inspirasi : 2014/10/10-manfaat-membaca-buku.html, http://sehatkancantik.blogspot.co.id 20 Nov 2015. (Kontak person: 085869266188. Email : roosmilarsih74@gmail.com)

Entry filed under: Artikel Guru Sekolah Dasar (SD). Tags: , .

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan CMM Membangun Iklim Positip Sekolah


ISSN 2085-059X

  • 647,977

Komentar Terbaru

rumanti di Surat Pembaca
ira di Surat Pembaca
Alfian HSB di Surat Pembaca
Tamtomo Utamapati di Surat Pembaca
Ida di Surat Pembaca
Waluyo di Surat Pembaca
Ali Syahbana di Surat Pembaca

%d blogger menyukai ini: