Cara Merawat Buku

26 Juli, 2016 at 7:10 am

Lucas FormiatnoOleh Lucas Formiatno
Educator di SOS Children’s Village Semarang, Jawa Tengah

 

Orangtua, guru, atau anak-anak pasti mengenal yang namanya buku, dan rupa-rupanya buku sudah menjadi suatu kebutuhan. Hal tersebut dapat dilihat ketika menjelang dan memasuki tahun ajaran baru. Para orangtua dan anak-anak sibuk mempersiapkan buku dan alat tulis sebagai tanda siap mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Para guru juga sibuk menyediakan buku-buku teks pelajaran dan penunjang, agar kegiatan belajar-mengajar bersama para murid dapat berjalan dengan lancar.

Yang menjadi permasalahan, adalah sejauhmana anak-anak memahami pengertian tentang buku, jenis buku, dan manfaat buku ? Lebih jauh dari itu, sejauhmana anak-anak mau dan mampu merawat buku ? Mengapa merawat buku menjadi hal yang sangat penting ? Karena akhir-akhir ini harga buku dapat dikatakan sangat mahal.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, buku adalah lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong. Menurut Wikipedia, buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya, dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan komputer dan internet (jika aksesnya online).

Dilihat dari jenis buku, masih menurut Wikipedia, maka ada buku yang disebut novel, majalah, kamus, komik, ensikopedia, biografi.

Yang dimaksud dengan novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, biasanya dalam bentuk cerita.

Majalah adalah penerbitan yang dicetak menggunakan tinta pada kertas, diterbitkan berkala, misalnya mingguan, dwimingguan, atau bulanan.
Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata.
Komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

Ensiklopedia adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan, menyimpan informasi secara komprehensif, cepat dipahami dan dimengerti mengani keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus, dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu, yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan. Pada tiap-tiap artikel disusun berdasarkan abjad, kategori, atau volume terbitan. Pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku.

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang.
Selanjutnya, menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 11 Tahun 2005 Pasal 1, buku teks pelajaran adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah, yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepekaan dan kemampuan estetis, potensi fisik dan kesehatan, dan disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

Adapun manfaat dari buku pelajaran bagi anak-anak, antara lain : fokus pada materi; teori disertai contoh; latihan soal dan cara penyelesaian; belajar berpikir analitis.

Sementara manfaat dari buku secara umum bagi anak-anak, antara lain : menambah pengetahuan; mendapat informasi terbaru; menjadi pembelajaran dalam meraih kesuksesan; mendapat hiburan; memperkuat hobi; mengembangkan pola pikir; mengasah daya ingat; belajar menyerap pemikiran si penulis; membantu mengubah pola pikir seseorang.

Agar buku yang dimiliki oleh anak-anak awet, tidak rusak, atau tetap terjaga dengan baik, maka ada beberapa cara merawat buku, antara lain :

• buku diberi sampul yang transparan, agar judul buku (di halaman depan) mudah dibaca.
• ketika handak berhenti membaca, jangan memberi tanda batas dengan cara melipat kertas (halaman).
• gunakan pembatas buku yang baik.
• ketika hendak membaca buku, bukalah halaman demi halaman dengan cara yang tertib, agar kertas (halaman) tidak sobek.
• ketika selesai membaca buku, jangan meletakkan buku dengan cara dilempar, atau dipaksakan masuk ke jajaran buku rak buku, agar halaman buku tidak terlipat atau sobek .
• letakkan buku di rak dengan cara yang tertib (sesuai jenis buku), agar mudah mencari ketika membutuhkan lagi.
• aturlah buku di rak buku sesuai tinggi buku, agar kelihatan rapi.
• sempatkan untuk membersihkan buku, agar buku tidak berdebu.
• jangan memberi tanda atau corat-coret di halaman buku (yang terisi teks atau yang kosong).
• ketika membawa sebuah atau dua buah buku, jangan dilipat atau digulung, agar buku tidak menjadi cacat.
• ketika cover buku lepas, atau kertas-kertas halaman ada yang lepas, segera diperbaiki atau dijilid kembali, agar buku tetap utuh dan awet.
• letakkan rak buku tidak menempel rapat dengan dinding, agar buku tidak menjadi lembab.
• ketika ada orang yang akan meminjam buku yang kita miliki, hendaknya diberi pesan untuk merawat buku itu dengan baik. Istilahnya, pinjam dalam keadaan baik, kembali juga dalam keadaan baik.

Referensi :

(Kontak person: 08179224953. Email: lucas.formiatno@sos.or.id)

Entry filed under: Artikel Pengamat Pendidikan. Tags: , .

Ubah Paradigma Pendidikan Teknik Mengatasi Siswa Tidak Disiplin


ISSN 2085-059X

  • 648,662

Komentar Terbaru

rumanti di Surat Pembaca
ira di Surat Pembaca
Alfian HSB di Surat Pembaca
Tamtomo Utamapati di Surat Pembaca
Ida di Surat Pembaca
Waluyo di Surat Pembaca
Ali Syahbana di Surat Pembaca

%d blogger menyukai ini: