Menyerap Aspirasi lewat Ngopi Bareng

9 Mei, 2015 at 8:34 am

Oleh Ahmad Riyatno
Guru MAN 2 Semarang

Gebrakan dilakukan Ganjar Pranowo dalam menyerap aspirasi masyarakat Jawa Tengah dengan konsep dialog spontan “Ngopi Bareng Mas Ganjar dan SMS Center “.

Dalam dialog tersebut, dibuka ruang selebarlebarnya bagi mahasiswa, pelajar, petani, pedagang, nelayan, guru, dosen untuk menyampaikan pendapat, keluhan dan kritik yang membangun tentang masalah infrastruktur yang rusak, pertanian, hukum, politik dan permasalahan lain yang dihadapi masyarakat Jawa Tengah.

Keuntungan dari dialog yang tanpa protokoler akan lebih efektif karena akan disampaikan dengan terbuka dan tanpa tendensi. Harapan masyarakat kepada Gubernur juga tinggi karena langsung disampaikan pemegang kebijakan.

Adapun kelemahan dalam dialog bila harapan masyarakat tidak terpenuhi dengan segera maka akan kecewa, sementara permasalahan yang dihadapi Gubernur sangat banyak dan perlu skala perioritas dalam penanganan masalah. Tentu tidak semua masalah yang terjadi di Jateng bisa terurai dengan cepat dan maksimal karena keterbatasan sumber daya manusia, waktu dan dana.

Selain “Ngopi Bareng Bang Ganjar”, Pemprov Jateng juga membuka layanan SMS Center, untuk mempermudah pengaduan masyarakat. SMS Center yang sudah diujicobakan dengan beberapa perbaikan, menerima banyak aduan dari masyarakat. Untuk menindaklanjuti aduan, perangkat tersebut telah disempurnakan dan dioptimalkan sehingga berdaya guna bagi pemegang kebijakan untuk melakukan langkah-langkah strategis sesuai aduan yang ada.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah Sinung Nugroho mengatakan SMS Center di nomor 0811-29-20-200. Dengan SMS Center tentu masyarakat akan mudah melaporkan peristiwa, kegiatan, keluhan lambannya pelayanan, keluhan infrastruktur, korupsi, kesehatan, hukum, kelangkaan air bersih, kelangkaan pupuk atau sekadar curhat terhadap permasalahan yang ada di daerahnya.

SMS Center merupakan layanan aduan warga, dengan sistem pengoperasian memberikan jawaban. Jika ada pertanyaan dari masyarakat, operator akan menjawab setidaknya maksimal tiga jam sejak SMS tersebut masuk ke pihak operator. Layanan SMS Center dibuka pukul 07.00-22.00. Jika melebihi batasan jam tersebut, maka jawaban atas aduan masyarakat dijawab pada hari berikutnya. Aduan yang masuk akan diterima dan diselesaikan tergantung situasi dan kondisi. Misalnya terkait jalan yang berlubang dan mengakibatkan kecelakaan maka akan dicek dahulu, baru ditindaklanjuti.

Kedua langkah ini adalah strategi kreatif pemerintah yang patut diacungi jempol untuk mempermudah komunikasi antara masyarakat dan Gubernur. Namun yang perlu diperhatikan dalam acara dialog, masyarakat yang mengikuti acara wajib menggunakan pakaian dan bahasa yang santun dan tidak boleh kasar, berbicara sara, apalagi menyinggung privasi Gubernur, maka bisa dipastikan acara tidak akan berjalan kondusif.

Berdasar pengamatan penulis, di SMS Center, bahasa yang digunakan masyarakat terkadang kurang santun. Masyarakat kurang menyadari bahwa komunikasi yang dilakukan adalah dengan Gubernur yang semestinya andai berhadapan langsung tentu akan berlaku sopan dalam pakaian dan santun dalam bahasa.

Beri Solusi
Akhir dari tulisan, layanan untuk menerima, menanggapi sekaligus memberikan solusi berbagai keluhan dan persoalan masyarakat adalah bagian dari pelayanan prima. Rakyat adalah majikan maka perlu dilayani dengan baik setelah menerima aduan karena masyarakat kurang puas terhadap pelayanan pemerintah.

Ngopi Bareng Bang Ganjar dan SMS Center adalah media yang sangat diperlukan untuk menyambung komunikasi dengan masyarakat. Hal ini sesuai filosofi bahwa pemerintah harus hadir, tidak abai dan berusaha mencari solusi ketika masyarakat mengeluh dan menjerit.

Terbongkarnya pengoplosan pupuk di Demak oleh Dandim telah memberikan pembelajaran pada masyarakat, bahwa ada oknum-oknum yang ingin mengeruk keuntungan untuk kepentingan pribadi di saat petani kekurangan pupuk. Permasalahan tersebut akan cepat terkuak bila masyarakat berani melapor lewat Ngopi Bareng Bang Ganjar, SMS Center, tentu Bang Ganjar akan cepat menindaklanjuti dengan cepat. (Sumber : Suara Merdeka, 9 Mei 2015)

Entry filed under: Artikel Guru Madrasah Aliyah (MA). Tags: , .

Pendidikan Vokasi dan Berwirausaha Bijak Menyikapi Hasil Unas


ISSN 2085-059X

  • 647,506

Komentar Terbaru

rumanti di Surat Pembaca
ira di Surat Pembaca
Alfian HSB di Surat Pembaca
Tamtomo Utamapati di Surat Pembaca
Ida di Surat Pembaca
Waluyo di Surat Pembaca
Ali Syahbana di Surat Pembaca

%d blogger menyukai ini: